SIAPAKAH JODOH SAYA INI CIRI CIRI DIA JODOH KAMU

Desember 25, 2022


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Jodoh dalam Al-Qur'an dan Hadits menyentuh pasangan yang saling melengkapi. Lalu, siapakah jodoh saya? Di bawah ini ada ciri-ciri si dia jodoh kamu menurut Islam


Jodoh memiliki ikatan yang tidak dapat dipatahkan, tidak peduli kapan atau di mana kamu memasuki perjalanan roller coaster yang disebut "kehidupan". Namun, proses menemukan jodoh terkadang membuat seseorang merasa sulit dan bimbang.


Pasangan hidup yang diikrarkan lewat pernikahan merupakan seseorang yang akan menamanimu saat suka maupun duka sampai akhir hayat. Memilihnya pun tak bisa sembarangan, dan diperlukan kemantapan hati.


Berikut ini ciri-ciri si dia jodoh kamu menurut Islam:


1. Mengetahui Soulmate dari Cellmate


"Dan Allah yang mempersatukan hati mereka" (Qur'an, 8:63). Jadi bagaimana kita tahu jodoh kita? Mengenal diri sendiri memberi keyakinan dan iman untuk menegaskan keakraban alami.


Dengan mendasarkan persepsi pada Al-Qur'an, kita mencegah diri kita menjadi tawanan dari apa yang kita anggap sebagai belahan jiwa. Terbuka untuk apa yang tidak kamu mengerti. Kerentanan akan membuat kamu rendah hati untuk menerima cinta.


Sebagaimana Allah berfirman, "Maha Suci Dia Yang menciptakan semua pasangan, dari apa yang ditumbuhkan bumi, dan dari jiwa mereka sendiri, dan dari apa yang tidak mereka ketahui!" (Al Quran, 36:36)


2. Tidak Ada Istilah Superior atau Inferior


Dalam menjalin hubungan jangan berpikir dalam istilah superior atau inferior. Itu hanyalah perbedaan. Misalnya, feminin dan maskulin masing-masing memiliki tempatnya dalam siklus kehidupan.


"Matahari tidak boleh mengejar bulan, dan malam tidak dapat mendahului siang: Masing-masing berenang mengikuti orbitnya" (Quran, 36:40).


3. Sinkronisitas


Salah satu ciri-ciri si dia jodoh kamu adalah sinkronisitas atau keselarasan antara kalian berdua. Jika belum menemukan petunjuk, doa Istikara adalah cara yang tepat. Dari interaksi bisnis hingga interaksi sehari-hari, doa ini membuat tanda-tanda yang jelas.


Allah berfirman kepada kita: "Dan Dialah yang membentangkan bumi dan menempatkan dengan kokoh gunung-gunung dan sungai-sungai; dan dari semua buah Dia membuat dua pasangan; Dia menyebabkan malam menutupi siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berpikir" (Quran, 13:3).


4. Akui Keesaan Allah


Semakin kamu mencintai dan terhubung dengan Allah, semakin dekat kamu dengan pasanganmu."Dialah yang menciptakan kamu dari satu jiwa, Dan menjadikan pasangannya yang serupa sifatnya agar kamu dapat tinggal bersamanya dalam cinta...." (Quran, 7:189).


5. Berkomitmen tanpa Mengontrol


Saling melengkapi berarti komitmen untuk melewati gelombang dan dataran kehidupan, badai atau sinar matahari. "Dia Yang menciptakan semua pasangan, dan menjadikan untukmu kapal dan ternak yang kamu tunggangi" (Quran, 43:12).


6. Berkembang


Seseorang yang menumbuhkan dan mengembangkan kamu merupakan salah satu ciri-ciri si dia jodohmu. Sadarilah bahwa jalan spiritual bukanlah tentang mendapatkan apa yang kamu inginkan sepanjang waktu, hubungan adalah sebuah tantangan. Jodoh sejati tidak akan pernah membuat kamu terjebak, stagnan atau basi, tetapi akan mendorongmu ke tingkat yang baru.


Allah berfirman yang terbaik: "dan segala sesuatu telah Kami ciptakan berpasang-pasangan, agar kamu dapat berpikir" (Quran, 51:49).


7. Seimbang


Jodoh menyeimbangkan satu sama lain. Apa yang membuat banyak orang mencintai Nabi Muhammad SAW adalah realitas batinnya dan keseimbangan polaritas dalam karakternya. Jika hidupmu merasa seimbang dengan dia ada di sampingmu, bisa jadi ini ciri-ciri si dia jodoh kamu.


"Bahwa Allah menciptakan berpasang-pasangan, laki-laki dan perempuan" (Quran, 53:45), "dan dari Allah Dia menjadikan dua jenis kelamin, laki-laki dan perempuan" (Quran, 75:39).


8. Melepaskan Hambatan


Seperti yang dikatakan Mawlana Rumi, "tugasmu bukanlah mencari cinta, tetapi menghilangkan penghalang-penghalang itu." Contoh hambatan termasuk: ketidaktersediaan emosional, kodependensi (penyamaran untuk penolakan) dan cinta yang membingungkan dengan nafsu.


Itulah ciri-ciri si dia jodoh kamu menurut pandangan Islam. Apakah si dia masuk dalam daftar tersebut?



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 


You Might Also Like

0 komentar