7 WASIAT JIBRIL YANG DISAMPAIKAN BERULANG PADA RASULULLAH SAW

September 12, 2023

jibril

 

Rasulullah SAW pernah menyampaikan ada tujuh wasiat yang disampaikan oleh Malaikat Jibril untuknya. Ketujuh wasiat tersebut kemudian terangkum dalam salah satu riwayat hadits.


Keterangan hadits tersebut bersumber dari Jabir ibn Abdullah al Anshari yang termaktub dalam Nashaihul 'Ibad oleh Syaikh Nawawi Al-Bantani yang berbunyi,


مَا زَالَ جِبْرِيلُ يُوْصِيْنِي بِالْجَارِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ يَجْعَلُهُ وَارِثًا، وَمَا زَالَ يُوْصِيْنِي بِالنِّسَاءِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ سَيُحَرِّمُ طَلَاقَهُنَّ، وَمَا زَالَ يُوْصِيْنِي بِالْمَمْلُوكِيْنَ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ يَجْعَلُ لَهُمْ وَقْتًا يَعْتِقُونَ فِيْهِ، وَمَا زَالَ يُؤْصِيْنِي بِالسَّوَاكِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ ،فَرِيْضَةٌ، وَمَا زَالَ يُوْصِيْنِي بِالصَّلَاةِ فِي الْجَمَاعَةِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ لَا يَقْبَلُ اللَّهُ تَعَالَى صَلَاةً إِلَّا فِي الْجَمَاعَةِ، وَمَا زَالَ يُؤْصِيْنِي بِقِيَامِ اللَّيْلِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ لَا نَوْمَ بِالَّليْلِ، وَمَا زَالَ يُوْصِيْنِي بِذِكْرِ اللَّهِ حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ لَا يَنْفَعُ قَوْلٌ إِلَّا بِهِ.



Wasiat Jibril pada Rasulullah SAW tersebut anjuran berbuat baik dalam kehidupan bermasyarakat hingga individu dalam sehari-hari. Apa saja ketujuh wasiat dari Jibril tersebut?


7 Wasiat Malaikat Jibril untuk Rasulullah SAW


1. Berbuat Baik pada Tetangga

Wasiat pertama dari Jibril untuk Rasulullah SAW yang pertama adalah anjuran untuk berbuat baik terhadap tetangga rumah hingga disangka Rasulullah SAW menjadikan tetangganya sebagai ahli waris.


"Aku menyangka Allah melalui Malaikat Jibril menyuruhku untuk menjadikan bagian harta untuk tetangga, ternyata hal itu bertujuan agar hidup rukun dan saling menjaga antar tetangga," demikian penjelasan wasiat pertama dari Syaikh Al Bantani.


Menurutnya, wasiat ini juga merujuk pada perbuatan baik untuk tetangga yang lebih dekat itu lebih utama dibandingkan tetangga yang jauh. Perbuatan baik tersebut dapat dilakukan dengan saling menasihati dalam agama ataupun saling membantu dalam urusan dunia.


2. Berbuat Baik pada Istri

Kedua, Jibril berwasiat pada Rasulullah SAW untuk berbuat baik terhadap istri. Wasiat ini hingga membuat Rasulullah SAW mengira Jibril hendak mengharamkan cerai.


3. Berbuat Baik pada Budak

Ketiga, Jibril berwasiat untuk berbuat baik terhadap budak hingga membuat Rasulullah SAW mengira bahwa Jibril akan memberikan batas waktu bagi para budak untuk dimerdekakan.


4. Bersiwak

Sementara, untuk yang keempat, Jibril senantiasa mewasiatkan agar Rasulullah SAW selalu bersiwak hingga Rasulullah SAW mengira hal itu merupakan suatu kewajiban.


5. Sholat Berjamaah

Wasiat kelima yang selalu disampaikan Malaikat Jibril adalah pelaksanaan sholat secara berjamaah. Hingga Rasulullah SAW mengira bahwa Alllah SWT hanya menerima amalan sholat yang dilakukan secara berjamaah.


6. Sholat Malam

Wasiat berikutnya adalah mengerjakan sholat malam yakni sholat Tahajud setelah tidur. Wasiat ini berkali-kali disampaikan Jibril hingga Rasulullah SAW mengira bahwa tidak pantas untuk tidur di malam hari.


7. Berzikir

Terakhir, wasiat Jibril yang selalu ditekankan pada Rasulullah SAW mengenai pengamalan zikir kepada Allah SWT. Hal ini pula yang membuat Rasulullah SAW mengira bahwa ucapan di luar zikir adalah ucapan yang tidak bermanfaat.


Wasiat-wasiat Jibril kepada Rasulullah SAW tersebut merupakan bagian dari tugasnya sebagai malaikat. Sebab, malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah malaikat Jibril.


Wahyu tersebut ditujukan pada seluruh nabi dan rasul untuk disampaikan lagi pada umatnya. Sebab itu pula, Malaikat Jibril dijuluki sebagai penghulu para malaikat.


Tugas Malaikat Jibril tersebut termaktub dalam firman Allah SWT surah Al Baqarah ayat 97 yang berbunyi,


قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِّجِبْرِيْلَ فَاِنَّهٗ نَزَّلَهٗ عَلٰى قَلْبِكَ بِاِذْنِ اللّٰهِ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُؤْمِنِيْنَ


Artinya: Katakanlah (Muhammad), "Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah menurunkan (Al-Qur'an) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yang terdahulu, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang beriman."


Melalui ayat lain disebutkan hal serupa tentang tugas Malaikat Jibril dalam surah An Nahl ayat 102. Allah SWT berfirman,


قُلْ نَزَّلَهٗ رُوْحُ الْقُدُسِ مِنْ رَّبِّكَ بِالْحَقِّ لِيُثَبِّتَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهُدًى وَّبُشْرٰى لِلْمُسْلِمِيْنَ


Artinya: Katakanlah, "Rohulkudus (Jibril) menurunkan Al-Qur'an itu dari Tuhanmu dengan kebenaran, untuk meneguhkan (hati) orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri (kepada Allah)."



YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 

You Might Also Like

0 komentar