INI CARA TERBAIK UNTUK MEMULAI HARI DENGAN JIWA YANG TENANG DAN SEHAT

April 10, 2024

Jiwa tenang

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Melakukan kegiatan pagi yang tepat, tentunya mampu membuat jiwa dan raga Anda menyentuh ketenangan.



Salah satu kegiatan pagi yang tepat untuk membuat jiwa dan raga Anda menyentuh ketenangan yakni dengan metode ayurvedic salah satunya.


Untuk diketahui, Ayurveda adalah ilmu kesehatan yang berasal dari negara India.


Ilmu kesehatan ini telah dikenal lebih dari 5000 tahun yang lalu dan secara bertahap penyebarannya mencakup area China, Tibet, Greek, Roman, Egypt, Afganistan, dan Persia.


Secara umum, ayurveda dikenal sebagai ilmu yang membahas tentang pengobatan yang menggunakan bahan alami sebagai media pengobatannya.


Salah satu warganet yang percaya bahwa mengadopsi gaya hidup ayurvedic atau ayurveda telah meningkatkan kesejahteraan dan ketenangan dalam pikiran, tubuh, dan jiwa.


Praktisi ayurdevic mengatakan bahwa ritual pagi setiap hari adalah cara yang mendalam untuk mengubah kesejahteraan dari luar hingga dalam diri.


Dia memulai pagi hari dengan afirmasi diri dan mengucap rasa syukur, membersihkan diri, makan makanan yang selaras, memakai wewangian. Dia juga rutin melakukan meditasi tiap pagi hari sebagai bagian dari ayurvedic.



Seorang ahli ayurvedic mengatakan bahwa individu akan memiliki semangat untuk mengatasi ketidakseimbangan fisik atau mental dengan mengikuti rutinitas sehari-hari.


Berikut adalah rutinitas pagi hari yang bisa Anda ikuti agar mendapat ketenangan jiwa.


1. Bangun pagi-pagi

Bangun tidur sebelum matahari terbit adalah baik, ketika ada kualitas cinta di alam yang membawa ketenangan pikiran atau kesegaran pada indra. Praktisi ayurvedic, Naajmi, menyarankan untuk kita bangun tidur sebelum pukul 5 pagi.



Tepat setelah bangun tidur, lihat tangan Anda selama beberapa saat, lalu gerakkan dengan lembut ke wajah dan dada Anda ke pinggang. Hal ini bertujuan untuk membersihkan aura.


2. Ucapkan doa atau rasa syukur sebelum meninggalkan tempat tidur

Dengan mengucapkan doa dan syukur, membuat perasaan Anda akan tenang seketika saat bangun tidur. Hal ini juga akan membawa pikiran Anda lebih positif untuk memulai hari.


Anda juga dapat melakukan afirmasi diri sebagai bagian dari cara menghargai dan mengapresiasi diri.


3. Bersihkan wajah, mulut, dan mata

Percikkan wajah Anda dengan air dingin dan bilas mulut Anda. Cuci mata Anda dengan air dingin (atau salah satu pencuci mata yang disebutkan di bawah) dan pijat kelopak mata dengan menggosoknya dengan lembut.


Kedipkan mata Anda 7 kali dan putar mata Anda ke segala arah. Keringkan wajah Anda dengan handuk bersih.


4. Pencuci mata Tridoshic: cobalah pencuci mata triphala -1/4 sdt dalam 1 gelas air, rebus selama 10 menit, dinginkan dan saring.

Pitta eyewash:gunakan air dingin atau air mawar dari kelopak mawar organik – sebagian besar air mawar komersial memiliki bahan kimia di dalamnya yang akan menyengat mata.

Pencuci mata Kapha: cobalah jus cranberry encer, 3-5 tetes dalam satu sendok teh air suling.

5. Minum air putih di pagi hari

Minum segelas air suhu kamar, sebaiknya dari cangkir tembaga murni yang diisi malam sebelumnya, namun jika tidak bisa Anda bisa menggunakan dengan gelas biasa sebagai langkah awal.


Minum air putih ini bertujuan agar dapat mencuci jalur GI, menyiram ginjal, dan merangsang gerak peristaltik.


Bukan ide yang baik untuk memulai hari dengan teh atau kopi, karena hal ini menguras energi ginjal, menekankan adrenal, menyebabkan sembelit, dan membentuk kebiasaan.


6. Evakuasi (BAB)

Duduk, atau jongkok yang lebih baik, di toilet dan buang air besar.


Pencernaan yang tidak tepat dari makan malam sebelumnya atau kurang tidur nyenyak dapat mencegah hal ini.


Namun air, diikuti dengan duduk di toilet pada waktu yang ditentukan setiap hari, membantu mengatur buang air besar.


Pernapasan lubang hidung alternatif juga dapat membantu. Setelah buang air besar, cuci/basuh dengan air hangat, lalu tangan dengan sabun.


7. Tongue scrap

Gosok lidah dengan lembut dari belakang ke depan selama 7-14 kali (gerakan). Ini merangsang organ-organ internal, membantu pencernaan, dan menghilangkan bakteri mati.


8. Sikat gigi

Sikat gigi tradisional India adalah tongkat nimba, yang mengeluarkan partikel makanan halus dari sela-sela gigi dan membuat gusi yang kuat dan sehat.


Anda boleh menggunakan sikat gigi yang umum kita temui atau dapatkan. Pilih sikat gigi yang lembut dan pasta gigi yang memiliki feel menyegarkan gigi seperti mint.


9. Berkumur

Untuk memperkuat gigi, gusi, dan rahang, memperbaiki suara dan menghilangkan kerutan dari pipi, berkumur dua kali sehari dengan minyak wijen hangat atau minyak kelapa. Pegang minyak di mulut Anda, desir dengan kuat, lalu ludahkan dan pijat gusi dengan lembut dengan jari.


10. Mengunyah

Mengunyah segenggam biji wijen membantu gusi surut dan memperkuat gigi. Atau, kunyah 3-5 kurma kering dan satu inci daging kelapa kering.


Mengunyah di pagi hari merangsang hati dan perut dan meningkatkan api pencernaan. Setelah mengunyah, sikat gigi lagi tanpa menggunakan pasta gigi.


11. Tetes Hidung

Menempatkan 3 sampai 5 tetes minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak akar calamus ke dalam setiap lubang hidung di pagi hari membantu untuk melumasi hidung, membersihkan sinus, dan meningkatkan suara, penglihatan, dan kejernihan mental.


Hidung kita adalah pintu ke otak, jadi tetes hidung menyehatkan prana dan membawa kecerdasan.


12. Tetes minyak di telinga

Kondisi seperti telinga berdenging, kotoran telinga berlebih, pendengaran yang buruk, lockjaw, dan TMJ, semuanya disebabkan oleh vata di telinga.


Menempatkan 5 tetes minyak wijen hangat di setiap telinga dapat membantu gangguan ini.


Oleskan minyak ke kepala & tubuh

Gosokkan minyak wijen/kelapa hangat ke kepala dan tubuh. Pijatan minyak lembut setiap hari pada kulit kepala dapat membawa kebahagiaan, serta mencegah sakit kepala, kebotakan, beruban, dan garis rambut surut.


Meminyaki tubuh Anda sebelum tidur akan membantu menginduksi tidur nyenyak dan menjaga kulit tetap lembut.


13. Mandi dan mengenakan pakaian yang bersih

Mandi itu membersihkan dan menyegarkan. Ini menghilangkan keringat, kotoran, dan kelelahan, membawa energi ke tubuh, kejernihan pikiran, dan kesucian hidup Anda.


Mengenakan pakaian bersih membawa keindahan dan kebajikan.


14. Gunakan parfum

Menggunakan aroma alami, minyak esensial, atau parfum membawa kesegaran, pesona, dan kegembiraan. Ini memberi vitalitas pada tubuh dan meningkatkan harga diri. Sebagai rekomendasi Anda bisa memilih aroma cendana, melati, amber, atau musk.


15. Olahraga

Olahraga teratur, terutama yoga, meningkatkan sirkulasi, kekuatan, dan daya tahan.


Ini membantu seseorang rileks dan tidur nyenyak, dan meningkatkan pencernaan dan eliminasi.


Berolahraga setiap hari hingga setengah dari kapasitas Anda, yaitu sampai keringat terbentuk di dahi, ketiak, dan tulang belakang. Setelah berolahraga, duduklah dengan tenang dan lakukan beberapa latihan pernapasan dalam sebagai berikut:


12 napas melalui hidung

16 napas pendingin (melalui mulut)

100 kali napas pendek dan cepat


16. Mediasi

Penting untuk bermeditasi pagi dan sore setidaknya selama 15 menit. Bermeditasilah dengan cara yang biasa Anda lakukan. Meditasi membawa keseimbangan dan kedamaian ke dalam hidup Anda.


17. Sarapan

Makanan yang akan dikonsumsi perlu disesuaikan dengan keadaan cuaca dan juga tubuh Anda. Makan yang cukup, jangan kurang ataupun berlebihan.


Selamat mempraktikkan 17 langkah di atas secara rutin setiap pagi, dan tunggu manfaat yang akan datang dalam diri Anda!.



Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk kata yang mungkin saja kurang berkenan dalam share artikel ini. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya membaca. 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.




YAYASAN IMAM TEGUH Program Kemanusiaan | Mendirikan Dan Meyelenggarakan Rumah Singgah | Menyelenggarakan pendidikan | Menyelenggarakan pelestarian lingkungan hidup | Bersih Masjid & Mushola |  Ziarah Wali Songo | Ziarah Wali Pitu | Program Haji & Umroh | Berbagi Sedekah Kepada Masyarakat | Sima'an Qur'an 

You Might Also Like

0 komentar